GURU KIMIA

LEMBAR KERJA SISWA Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

 

LEMBAR KERJA SISWA

 

 

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

 

A. Tujuan:

 

Menguji daya hantar listrik larutan untuk mengetahui apakah larutan bersifat elektrolit atau non elektrolit.

 

B. Dasar teori

Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dikelompokkan menjadi larutan elektrolit dan non elektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik sedangkan non elektrolit tidak  dapat menghantarkan listrik. Untuk menguji daya hantar listrik larutan dilakukan dengan alat uji elektrolit.

 

C. Alat dan Bahan

 

NO

Alat

Bahan

1

2

3

4

5

6

7

8

 

Alat Uji elektrolit

Gelas kimia 500 mL

Gelas kimia 100 mL

Tissue

Ampelas

Air suling

Larutan Gula

Larutan Urea

Larutan Cuka

Larutan Natrium Hidroksida

Larutan Amoniak

Larutan Asam Klorida

Larutan Garam dapur

 

 

D. Cara Kerja

· Susun Alat uji elktrolit

· Masukkan 50 mL larutan gula ke dalam gelas kimia

· Uji daya hantar listriknya dengan memasukkan elektrodanya dalam larutan

· Amati dan cata apa yang tgerjadi

· Dengan cara yang sama, uji daya hantar listrik larutan yang lain

( sebelum mengujia larutan lain, elektroda dicuci dengan air suling dan dikeringkan dengan tissue, kalau perlu diampelas).

 

 

 

 

 

 

 

 

E. Hasil Pengamatan

 

NO

Nama

Larutan

Rumus

Kimia

Pengamatan Lampu

Pengamatan larutan

Menyala

Tidak Menyala

Ada gelembung

Tidak Ada Gelembung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

F. Pertanyaan

1. Dari larutan yang di uji, kelompokkan larutan yang menghantarkan listrik dan tidak?

2. Dari larutan yang di uji, kelompokkan larutan kedalam:

a. Larutan Non Elektrolit

b. Larutan Elektrolit Kuat

c. Elektrolit Lemah

3. Mengapa  elektroda alat uji elektrolit harus dibersihkan?

4. Jelaskan apa yang dimaksud:

a. Larutan Non Elektrolit

b. Larutan Elektrolit Kuat

c. Elektrolit Lemah

5. Kelompokkan larutan yang di uji kedalam kelompok:

a. Asam

b. Basa

c. Garam.

 

G. Kesimpulan:

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama